07 Juni, 2008

PERBEDAAN DRUM BAND DAN MARCHING BAND

BUKTI PERBEDAAN DRUM BAND DAN MARCHING BAND



Ditulis Oleh: Dudi Yana Mustofa
Sabtu, 7 Juni 2008

Komentar Penampilan Marching band dan Drum band dalam acara 100 Tahun Kebangkitan Bangsa di Gelora Bung Karno Jakarta.


Penampilan perdana
Gabungan Marching band.

Pada penampilan grup ini terlihat jelas sebuah konsep penampilan yang rancang dengan apik dan sangat baik serta penampilan yang terdengar jelas terutama pada barisan brass yang dapat menunjukan kualitas suara yang prima.
Unsur perkusi tidak terlihat terlalu dominan, tapi cukup terdengar dengan baik. Perpaduan musik dengan perkusi juga dapat trlihat dengan jelas, mutu suara yang dihasilkan juga terasa enak untuk didengar.
Hanya pada barisan Pits, kurang maksimal, karena mungkin ada barisan tidak tidak didukung oleh sarana sound yang memadai, sehingga hanya beberapa bagian saja yang terdengar dengan jelas.


Penampilan kedua
Gabungan Drumband TNI

Unsur drumband sangat terasa dan kental sekali. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya pemain perkusi, baik snare, tenor dan bass. Pemain bass dapat melakukan atraksi yang luar biasa tanpa takut tertinggal nada karena ini semua sudah di dukung oleh pemain tenor yang jumlahnya sangat banyak.
Unsur musik trlalu monoton karena tidak banyak menggunakan musik alat tiup yang sesuai, lebih dominan adalah bagian Bellyra yang jumlahnya cukup banyak.
Disini masih menggunakan alat musik tiup berupa Flute, yang kalo dimainkan di tempat terbuka seperti ini kualitas suaranya tidak terdengar dengan baik.

Secara keseluruhan penampilan grup ini sangat menoton, karena hanya memainkan lagu-lagu dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Tidak hanya itu, suara prkusi juga sangat menoton sekali, karena hampir setiap lagu yang dimainkan pukulan perkusinya tetap sama. Atau terdengar sama.

Beruntung penampilan ini di tunjang oleh aktraksi dari Mayorette yang sangat mahir memainkan tongkat mayorette, yang mungkin keahlian ini sangat menjadi perhatian dari penonton.


Penampilan ketiga
Drum Corps Akpol

Disini terlihat berbeda sekali dengan penampilan drumband sebelumnya, dimana unsur perkusi sedikit lebih baik, karena pemain musik jumlahnya sudah cukup banyak.

Selain itu, variasi pukulan pada perkusi juga sudah mengikuti pakem dari dasar-dasar perkusi dengan beat yang cepat.
Perkusi juga di tunjang oleh adanya barisan Quard sixpack yang bisa mengandalkan suara-saura selingan pada saat memainkan lagu. Namun tetap saja unsur pemain tenor cukup banyak, karena mungkin hal ini untuk mengimbangi dari pemain bass yang banyak melakukan aktrasi.

Alat musik tiup sudah cukup bervariasi, dengan adanya Tuba, mellophone dan jenis alat tiup lainnya sehingga menghasilkan suara yang terdengar lebih jelas dan lebih harmonis.
Pemain CG sudah tampil sangat bagus, apalagi menggunakan 2 tongkat bendera dengan memainkan beberapa variasai gerakan yang mungkin untuk ukuran kita sudah terbilang sangat bagus.
Pemain pits juga sudah ada variasi yang beragam dengan beberapa pemain pemainan alat yang berbeda. Suara yang dihasilkanpun cukup baik dan terengar dengan jelas.
Catatan dari saya;
Nah…kita sekarang sudah bisa melihat perbedaan yang nyata dari sebuah drumband, marchingband dan drums corps pada tayangan di televisi malam ini.
Ini semua menjadi kebanggaan bagi kita sebagai pecinta seni drumband, karena ternyata drumband sudah bisa menjadi bagian dari sebuah pertunjukan yang menghibur dan di terima oleh masyarakat.
Saya juga sangat bangga dan ini semua menjadi sebuah bahan bagi kita bahwa perbedaan yang jelas dan nyata dari sebuah drumband, marchingband dan drums corps malam ini dapat kita lihat bersama.

Menurut kalian semua, mana yang paling menarik dari ketiga penampilan drumband tersebut?
Apakah yang pertama, yang kedua atau yang ketiga?
Itu semua tergantung dari selera kita dan bagaimana kita menerimanya. Tapi yang terpenting sekarang adalah bahwa kita bisa mengetahui dengan jelas apa yang disebut dengan marchingband, apa yang disebut dengan drumband dan apa yang disebut dengan drum corps.
Malam ini dengan bangga kita bisa melihatnya sendiri.
Terus terang saya sendiri sering melihat penampilan marchingband dalam sebuah kompetisi, jadi begitu saya melihat yang di telivisi ini, terus terang saya tidak terlalu kaget atau terlalu heboh, biasa-biasa saja.
Tapi saya sedikit kagum dengan penampilan dari drum corps Akpol, yang menurut hemat saya sangat bagus dan cukup menghibur yang terpenting lagi saya bisa menikmati penampilannya.
Drum corps Akpol bisa merepresentasikan sebuah bentuk penampilan marcingband dengan cukup baik. Apa lagi ditunjang pula adanya pasukan CG yang menarik dan menghibur. Cukup bervariasi penampilannya, tidak hanya salah satu bagian saja yang ditonjolkan, tapi setiap section juga berusaha tampil secara maksimal yang pada akhirnya akan membuat kesan penampilan unit ini menjadi lebih baik lagi.
Salut untuk Drums Corps Akpol!
Untuk penampilan pertama tadi, saya hanya melihatnya adalah karena itu adalah penampilan pertama dalam rangkaian acara tersebut, sehingga terkesan tidak terlalu maksimal.
Tapi secara keseluruhannya sangat baik. Display yang di sajikanpun terlihat cukup rapih, musik terdengar dengan jelas karena unsur alat tiup sudah menggunakan berbagai jenis alat yang yang berbeda.
Perkusi sangat bagus, menunjukan sebuah sikap marchingband yang elegan dan mewah. Variasi pukulan juga banyak terjadi dengan berbagai jenis tempo yang dimainkan. Alunan perkusi terdengar dengan jelas dan suara yang dihasilkan lebih jernih, tidak asal keras saja.
Namun demikian secara pribadi saya mengucapkan selamat kepada rekan-rekan pelatih dari seluruh unit drumband, marchingband dan drums corps yang sudah berusaha untuk menampilkan unitnya secara maksimal.
Saya pasti bangga menjadi pemainnya yang merupakan bagian dari acara tersebut. Tapi saat ini saya hanya bisa melihat dan mendengarkan saja untuk menjadi bahan evaluasi saya kedepan, dan memperbanyak perbendaharaan pengetahaun saya tentang drumband dan marchingband.

Selamat untuk semua, sukses selalu drum band dan marching band Indonesia.
Selamat Telah dibentuk PDBI
pengurus Cabang
Persatuan Drum Band Indonesia
Kabupaten Karawang

Maju Terus Drum Band Kabupaten Karawang,

2 komentar:

husna yusuf nawawi mengatakan...

rif ... u kok jadi ndut gituch???

cacha mengatakan...

hiiii pecinta marching band...!!!

hi qwuh dahlia,qwuh dulu pernah ikut d marching band GITA BAHANA JUANG INI

wiiiiihhhh maknyos banget,oz pelatihan d MB GBJ ini sangat disiplin tapi asik sambil main..

bdw chayooo buat anak-anak gbj sekarang oz MB GBJ udah d kenal oRang n' udah terkenal lohhhh

waaaaa selamet ya

buat para pelatih makasih ya dulu ia udah d ajarin main mb